Cara Meninggalkan Comment di WordPress

Seorang seniman akan sangat senang saat mengetahui karyanya dinikmati dan dihargai oleh banyak orang. Beberapa dari mereka juga tak pernah mengharapkan penghargaan yang berlebih setelah membuat sebuah karya. Asal karyanya itu dapat dinikmati oleh orang lain dan dapat dikenang, ia sudah senang. Seperti halnya seorang author sepertiku.

Aku tak pernah mengharapkan imbalah berlebih setelah membuat sebuah karya. Aku tak pernah mengharap penghargaan apalagi uang. Karena aku menulis untuk bersenang-senang, untuk mendapatkan teman, dan berbagi pengalaman. Tapi aku tak ingin munafik. Aku juga ingin karyaku dihargai, bukan dengan sebuah mendali emas atau piala, tapi cukup dengan sebuah kehadiran. Kehadiran? Ya. Kehadiran. Tapi bukan kehadiran kalian yang langsung datang ke rumahku. Kehadiran disini berupa sebuah comment. Ya. Hanya comment tidak lebih, karena itu saja sudah membuatku senang.

Yang jadi masalahnya disini :

1. Readers seringkali malas untuk meninggalkan comment setelah menikmati sebuah karya tulis. (Ini sedikit keterlaluan, karena pada dasarnya seorang author akan sangat senang saat mendapati kehadiran readersnya.)

2. Masalah dengan perantara yang digunakan dan server internet yang kadang ngajak ribut. (Ini bisa dimaklumi)

3. Tidak tau bagaimana caranya untuk comment di wordpress. (Ini bisa diatasi)

Untuk masalah pertama, jangan sampai kalian seperti itu. Masalah kedua kalian bisa mengulanginya lagi, jika kalian benar-benar ingin membuat authornya terkesan, setelah sebelumnya authornya membuat kalian terkesan. Anggap saja itu hubungan timbal-balik.

Dan untuk masalah terakhir, silahkan ikuti cara-cara ini untuk mengatasi masalahnya.

Seperti yang kalian tau di bagian bawah post-an pada wordpress pasti ada kolom-kolom kosong yang mesti kalian isi untuk meninggalkan comment.

¤ Kolom 1 nama, isi dengan nama kalian.

¤ kolom 2 surel, isi dengan alamat email kalian. Alamat email yang sudah kadaluarsa juga bisa.

¤ kolom 3 web, ini ga perlu diisi.

¤ kolom 4 comment, nah disini tempat untuk kalian meninggalkan comment. Isi sesuka hati kalian sesuai dengan perasaan kalian setelah menikmati karya tulis itu.

Terakhir post comment

Silahkan dicoba, untuk yang sebelumnya tidak mengerti cara untuk comment…

Segitu aja. Semoga manfaat 🙂

Regards ❤

sehunbee

Advertisements

92 comments

  1. aku bngung, susah bgt coment di ff Ambition. pdhal caranya udah kek biasanya tp gk tau msuk ato kgak. eonni mianhae…

    Like

  2. Aku engak pernah komen.. karna binggung mau komen apa.. kak.. abis cerita nya seru banget.. sama aku gak bisa merangkai kata yang bagus buat di post commen kakak makan nya aku gk pernah komen..

    Maaf ya kak ;(

    Like

  3. Hi, salam kenal.
    Aku udh coment ff regret part 1-14 ya author,..
    Id ak: sy_pyeol.
    Bsa di cek thor…ak jg udh email mnta pw part 15 ya..ditunggu blsnnya..
    Thankssss…

    Like

  4. Hai ka nurul:) aku reader baru nih😆😆
    Oh iya aku baru baca 2 fanficmu yg my wife dan jujur itu bikin aku tertarik buat baca ff lainnya.

    Awal aku baca fanficmu yg ada difikiran aku adalah kmu itu penulis atau penggemar novel😄tapi ternyataa….haha pokoknya aku gak nyangka.

    Dan aku ini pemilih bgt buat baca fanfic apalgi dr segi bahasanya, bahasa yg kmu buat itu bagus ka keren,kata2nya ada aja yg bikin melt, feelnya kerasa deh, aplg aku klo baca sering dicocokin sama lagu yg aku denger setiap baca.

    Aku penggemar wattpad hampir stiap hr baca ,tapi akhir2 ini bosan dan bingung mau baca apalgi krna kehabisan stock baca atau yang bagus2 udah dihapus atau juga msh tbc.

    Dan aku baru bgt baca ff korea krna aku suka exo sehun dan kebanyakan yg aku baca latarnya dieropa. Dan akhirnya ketemu wpmu ini, aku suka bgt seneng juga bisa baca ff km jdi aku izin baca yaa, wlpun ada beberapa ff yg gak aku baca hehe tapi aku yakin ff kamu keren2 😄😄.

    Pokoknya semangat nulis krn bnyk yg suka sama karya kamu ka hehe,jgn smpe kecewain reader (pengalaman sering diphpin author wk 😳) salam kenal yaa semangat oke!❤

    Sorry ka aku gatau komen ini udh kekirim atau belum, krna aku udh kirim 2 kali gak muncul. Jd aku kirim disini wkwkwk😄😄😄

    Like

  5. anyeong.. kak -thornim.
    aduh aku g tw mau manggil siapa..
    bangapta ka.. ini kak aku ada masalah sama kemunculan komentar.. td aku terakhir komen di Ambition 13 tp g muncul pas aku liat lagi:( apa karena aku ganti² id ya? td aku pake id “s-jyeana” dan kadang pake id “sheyu”. yg id “s-jyeana” udh aku pake buat komen di Regret, My fate, dan Ambition.
    oiya kak blh minta nama sosmednya apa ?? biar gampang hub.. kakak.
    gomawo.. keep writing:)

    Like

  6. hallo kak q readers baru bisa juga ngk karena q dah baca 1 bulan lalu terutama ambition sama regret yg plng q ska dan q ngk tahu cara koment, bisa di bilang q juga malas tapi q selalu coba hargai orang mangkanya q mintamaaf baru kasih koment sekarang setelah banyak ff kakak yang q baca, jadi please maafin ya 🙂 soalnya q juga mau ujian jadi ngk enak klok ngk minta maaf skrng o….ya q suka banget sama ff kakak ceritanya gigit banget aku suka jadi kak q boleh gk minta pw regret chapter 15

    Like

    1. Hoo iya gapapa … Sukses buat UN-nya 🙂

      untuk masalah pw, ikutin aja rules-nya … ini udah bisa komen kan, jadi cuman tinggal ikutin rules aja … Pasti nanti aku kasih, kok 🙂

      Regards,

      Sehun’Bee

      Like

  7. haloo kak author…. mumung ada ginian aku mau ngomong, aku suka banget ff kaka yg ambition dan di setiap chapter aku selalu koment,, tpi komenan aku gk pernah muncul ga tau knapa,,, jdi aku ga enak mau hubungin kaka minta pw,,, tpi aku bkal coba komen lgi, sapa tau muncul 😀😀

    Like

  8. Ka bee, aku mau nyoba comment. Hihi aku bingung soalnya aku lupa sm email email yg udah aku buat, aku lupa 😦 maaf ya kaa.

    Like

  9. hi~kak aku author bru
    kyaknya aku mw bercengkrama sma kakak soalnya komenku gak bsa masuk
    buat aku putus asa
    oh iya aku blm mulai baca karya kakak satupun krn gak tau nanti mw dapdt PWnya drmna krn aku gk punya sosmed satupun

    Like

  10. Tolong akuuuuu kenapa susah sekali coment di sini dan di skf.. kenapa bisanya cuman di exo fanfic? Kan aku juga mau baca ff kamu yg lain selain My Fate, sambil nunggu balasan email kamu juga..

    hiksss 😥

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s